STRATEGI KOMUNIKASI JPM TV PADA MASA TRANSISI MIGRASI ANALOG KE DIGITAL DALAM UPAYA MEMPERTAHANKAN PEMIRSA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abraham F.Z. (2013). Kesiapan Masyarakat Menerima Konversi Televisi Analog ke Televisi Digital. Prosiding Temu Ilmiah Peneliti: Meningkatkan Peran Litbang dalam Pengembangan Kesiapan Menerima Konversi TV, 301 - 320.
Adnjani M.D, Mubarok. (2018). Strategi Sosialisasi Migrasi Sistem Penyiaran Analog ke Digital di Jawa Tengah. Jurnal ASPIKOM, 3(4), 755 – 766.
Agussetianingsih B, Kasim A. (2021). Peran Desain Kebijakan: Digitalisasi Penyiaran Televisi di Indonesia. Jurnal Administrasi Publik, 7(2), 168 – 186.
Alaydrus, M. (2009). Digital Divinded pada Migrasi TV Analog ke TV Digital – Prospek dan Dilema. Jurnal Telekomunikasi dan Komputer, 1(10, 1 – 9.
Ardianto, Elvinaro dkk (2007), Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Azmi, R. (2013). Analisis Model Bisnis Penyelenggaraan Televisi Digital Free-to-Air di Indonesia. Buletin Pos dan Telekomunikasi, 11 (4), 265 – 280.
Budiarto, H, dkk. (2007). Sistem TV Digital dan Prospeknya di Indonesia, Jakarta: PT. Multikom.
Budiman, A. (2015). Model Pengelolaan Digitalisasi Penyiaran di Indonesia. Jurnal Politicia, 6(2), 107 – 122.
Budhirianto, S. (2014). Sikap Masyarakat Terhadap Kampanye Televisi Digital pada Media Televisi. Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik, 18(3), 189 – 208.
Cangara, Hafied (1998), Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Effendy O.U. (2004). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Hastjarjo S. (2007). Teknologi Digital dan Dunia Penyiaran. Jurnal Komunikasi Massa, 1(1), 35 – 41.
Harjessi P.N, Huseini M. (2019. Kesiapan Pemerintah dalam Menghadapi Digitalisasi Televisi Menurut Perspektif Organisasi Pembelajar. Jurnal Inovasi Bisnis (INOVBIZ), 7(1), 138 – 146.
Ismail E, Siti D.S.R.S, Yuni T. (2019). Regulasi Penyiaran Digital : Dinamika Peran Negara, Persan Swasta, dan Manfaat Bagi Rakyat. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 17 (2), 124 - 145.
Kotler, Philip & Kevin Lane Keller (2006), Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua belas. Terjemahan oleh Benyamin Molan (2009), Jakarta: PT Indeks.
Kriyantono, Rachmat (2006) Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Prenada Media Group.
Litlejohn, Stephen W, Karen A Foss (2014), Teori Komunikasi, edisi 9, Jakarta: Salemba Humanika.
Moleong, L. J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Morissan, (2008), Manajemen Media Penyiaran. Jakarta: Prenada Media Group.
Muhadjir, Noeng, 2000, Metode Penelitian Kualitatif, Jogja: Rake Sarasin.
Nurfitria S, Yusuf M, Mandala I. (2022). Migrasi Media Televisi Mainstream ke Digital: Televisi Lokal Siap Menyambut Analog Switch Off (ASO). Journal of Islamic Communication & Broadcasting, 2(1), 37 – 54.
Oktariza R, Endroyono E, Gatot K. (2015). Rancang Bangun Platform Sistem SFN TV Digital DVB-T2. Jurnal Teknik ITS, 4(2), A-205-A-210.
Prabowo, A. (2012). Era Penyiaran Digital: Pengembangan atau Pemberangusan TV Lokal dan TV Komunitas?. Jurnal Komunikasi, 1(4), 301 – 314.
Prisgunanto, Ilham (2006), Komunikasi Pemasaran: Strategi dan Taktik. Bogor: Ghalia Indonesia.
Rakhmaniar A, Kustiman E, Hermawan V, Sonjaya R, Nabila Z. (2021). Kesiapan Lembaga Penyiaran TV Lokal di Jawa Barat Menghadapi Migrasi Digital (Analog Switch Off). Bersiap Menghadapi ASO: Memastikan Konten Sehat dan Moderat. KPI Daerah Jawa Barat, 17 – 45.
Sari D. (2015). Pengaruh Faktor-faktor Penerimaan Masyarakat pada Masa Simulcast Free to Air TV Digital. Jurnal Penelitian Pos dan Informatika, 5(2), 213 – 232.
Sugiyono (2012) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Sulistiany S (1999). Kualitatif dalam Reserch. Jakarta: Gramedia.
Tjiptono F (2008). Strategi Pemasaran, Edisi III, Yogyakarta : CV. Andi Offset
Company Profil PT. Wahana Televisi Banten (JPM TV). 2017. Jawa Pos Multimedia (JPM), Jakarta. https://jawaposmultimedia.com/.
Direktorat Penyelenggaraan Pos dan Informatika, Kementerian Kominfo RI. 2022. Jadwal ASO Lembaga Penyiaran Televisi tahun 2022. https://layanan.kominfo.go.id/
https://pandeglang.inews.id/read/205254/keberatan-tv-analog-disuntik-mati-warga-pandeglang-pilih-tidak-pakai-tv-karena-stb-mahal.
https://www.bantenraya.com/nasional/pr-1275434686/78-persen-warga-banten-belum-terima-set-top-box.
https://www.liputan6.com/news/read/5144448/dpr-evaluasi-distribusi-stb-di-banten-siaran-analog-serang-dan-pandeglang-bakal-dimatikan
DOI: https://doi.org/10.36914/jikb.v9i1.1000
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis
Publisher: Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita Copyright